0
Cara Membaca Cepat dan Benar - Suatu hal tidak ada yang sulit jjika mau mencoba dan tetap berusaha, teknik cara membaca cepat dan benar sekarang sudah banyak diciptakan. kali ini artikel ilmiah lengkap share mengenai cara membaca cepat dan benar, teknik ini saya dapatkan di google.com dan lumayan baik untuk dicoba.

Membaca cepat adalah membaca dengan teknik cepat tanpa mengurangi pemahaman terhadap isi bacaan. Biasanya dalam kegiatan membaca cepat dapat dibaca sekitar 200 kata per menit. Kemampuan pemahaman dikatakan berhasil apabila pembaca mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan kecepatan jawaban benar 75%. Pernahkah kamu berlatih membaca cepat? Sudah berhasilkan usaha tersebut? Kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan dapat kita tingkatkan.

Hal itu bergantung pada teknik dan kemampuan kita. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca cepat adalah sebagai berikut.

1. Metode gerak mata
Metode ini merupakan cara membaca dengan memperluas jangkauan mata dan mengurangi regresi/pengulangan. Bacalah teks dalam hati dengan memperluas pandangan jangkauan mata. Usahakan jangan sampai mengulang kata atau kalimat yang sudah kamu baca. Membaca mundur disebut regresi. Hal itu akan memperlambat kecepatan membaca dan mengganggu dalam memahami isi bacaan.

2. Menghilangkan kebiasaan membaca dengan bersuara
Dalam membaca cepat, bacalah teks dalam hati! Janganlah kamu membaca dengan bersuara dengan mulut bergerak-gerak seperti akan menyuarakan sesuatu. Jangan menggunakan wajah, tangan, dan alat lain untuk menunjuk kata demi kata dalam bacaan tersebut. Hal itu akan memperlambat kamu dalam membaca cepat.

3. Meningkatkan konsentrasi
Fokuskan konsentrasi, meliputi mata, pikiran, maupun hati pada isi bacaan. Pikiran harus bersih dan positif. Jangan diisi hal-hal lain atau pendapatmu sendiri ketika sedang membaca. Hati kita pun harus senang, ikhlas, dan bersungguh-sungguh. Hal-hal tersebut akan membantu kita memahami isi bacaan dengan lebih maksimal.
Kecepatan membaca dihitung dengan KPM (kecepatan per menit). Jadi, perhitungannya = banyaknya kata yang dibaca dalam waktu satu menit.

Misalnya:
Joni membaca bacaan 75 baris yang setiap baris terdiri atas rata-rata 10 kata. Jadi, bacaan yang dibaca Joni sejumlah 750 kata. Joni memulai membaca pada pukul 17.00 dan selesai membaca pukul 17.03. Jadi, waktu yang dibutuhkan Joni dalam membaca adalah = akhir membaca – awal membaca = 17.03 – 17.00 = 3 menit. Jadi, kecepatan membaca Joni adalah 250 KMP.

Sumber DISINI

Poskan Komentar

 
Top